LATAR

LATAR

A. Sekilas mengenai Mein Kampf

Ketika Perang Dunia II usai, meninggalkan Eropa yang tercabik-cabik perang, puluhan juta mayat sipil dan tentara serta kamar-kamar gas kamp konsentrasi tempat pembantaian massal, sebuah pertanyaan tercetus, dari mana asal mula semua ini?.

Semuanya bermula dari Hitler dan pemikiran politik serta kebenciannya yang amat sangat pada Yahudi, Marxisme dan elemen asing di Jerman dituangkan dalam buku berjudul Mein Kampf.

Mein Kampf(Perjuanganku) adalah sebuah buku yang didiktekan oleh Adolf Hitler. Jilid pertama diberi judul Eine Abrechnung (Pembalasan) diterbitkan tanggal 18 Juli 1925; Jilid ke dua Die nationalsozialistische Bewegung (Pergerakan nasionalis sosialis) diterbitkan tahun 1926. Yang ada di tangan anda adalah jilid pertama, jilid kedua sedang dalam proses penerjemahan. Pada awalnya judulnya bukanlah Mein Kampf namun, Viereinhalb Jahre gegen Lüge, Dummheit und Feigheit (Empat setengah tahun melawan Kebohongan, Kebodohan dan Kepengecutan). Empat setengah tahun tersebut adalah masa Perang Dunia ke I dimana Jerman menderita kekalahan.

Kalau anda membayangkan Hitler duduk di belakang mesin tik dan mengetikkan buku ini (atau bahkan melakukan koreksi sendiri) maka anda salah besar karena yang dilakukan Hitler adalah mendiktekan doktrinnya secara lisan pada sekretarisnya yang juga bertindak sebagai editor, Rudolf Hess. Hitler bukanlah penulis ataupun seseorang dengan latar belakang ilmiah maka gaya bercerita Hitler aneh,mengambang dan unik, penuh dengan pengungkapan filosofis dan spiritual lengkap dengan kesalahan tata bahasa. Buku ini termasuk sulit untuk dibaca tapi membacanya membuat pembaca tahu ide-ide apa yang mendasari kekejaman Perang Dunia ke II. Membaca buku ini seperti mendengarkan penuturan lisan Hitler mengenai masa mudanya, masa-masa awal partai Nazi, rencana masa depan bagi Jerman dan ide mengenai politik dan ras.

Ide Hitler yang terkenal adalah ide soal anti semit, pembatasan logisnya dengan obsesi (contohnya, klaim bahwa bahasa Esperanto adalah bagian dari rencana Yahudi), juga argumennya mengenai ide nasionalis Jerman lama yaitu melebar ke timur; kebutuhan untuk mendapatkan Lebensraum (ruang tinggal) ke arah Eropa timur, khususnya Rusia karena ras Arya lebih superior daripada ras Slav yang tinggal di Eropa Timur dan Russia. Hitler menulis mengenai pengalamannya sebagai tentara dan memuji kepahlawanan Jerman dalam perang tersebut. Jerman tak hanya berhasil menahan Perancis dan Inggris di front barat namun bertempur pula dengan musuh di selatan dan timur dan sebelum pemogokan 1918 yang diinspirasi oleh kaum Marxis, mampu menjadi negara yang kuat.

Hitler menganalisa kegunaan propaganda antara kedua sisi dan menyimpulkan bahwa sekutu mampu mempengaruhi moral bangsa Jerman. Inggris dianggap sukses menggambarkan bangsa Jerman sebagai kaum ‘Hun’ yang barbar sedangkan tentara Jerman mempunyai gambaran bahwa orang Inggris adalah orang-orang yang lemah. Hitler paham manfaat propaganda dan bagaimana propaganda itu dapat digunakan sebagai instrumen pengatur pikiran. ‘Anti-Semitisme’ diasumsikan oleh Nazi sebagai tiga ras yang membentuk umat manusia yang menentukan interaksi manusia antara budaya dan kelompok agama. Penemu budaya adalah ras Arya yang mistis. Semua budaya bahkan agama semuanya berasal dari ras Arya walau Hitler tak pernah memberikan penjelasan akan hal itu. Penjaga kebudayaan adalah mereka yang mendapatkan kebudayaan dari ras Arya tapi mereka malah menjadi mandeg karena ras Arya bercampur dengan jenis ras yang lebih rendah. Penjaga kebudayaan yang jelas disebut Hitler adalah bangsa Jepang. Bangsa Yahudi disebut dalam buku ini sebagai parasit, pembohong, kotor, licik, lihai, cerdas, tak memiliki kebudayaan sejati, tukang bonceng, belatung, perantara, penghisap darah abadi, menjijikan, jahat, monster, asing, pengacau, haus darah, tamak, penghancur kemanusiaan Arya dan akhirnya musuh abadi kemanusiaan Arya.

Hitler mengkritik bangsa Yahudi menggunakan agama sebagai taktik untuk menjaga ras mereka. Mein Kampf memperjelas rasisme Hitler yang membagi manusia menurut keturunan, Hitler berpendapat bahwa Ras Arya Jerman dengan rambut pirang dan mata biru ada paling atas (Hitler sendiri ber-rambut coklat dan bermata biru) dan level bawah diisi oleh Yahudi, Polandia, Rusia, Ceko dan Gipsi. Hitler kemudian berpendapat bahwa Yahudi bersekongkol untuk menjaga kemurnian ras mereka sendiri serta pertarungan budaya, ras dan politik selama ini hanyalah antara Arya dan Yahudi. Ide persekongkolan mengenai kompetisi dominasi dunia antara Yahudi

dan Arya menjadi kepercayaan yang menyebar di Jerman selama zaman Nazi bahkan diajarkan di sekolah-sekolah pada anak-anak. Kebencian Hitler pada kaum Yahudi yang menjadi dasar filsafat politiknya berasal dari Darwinisme khususnya pendapat ‘Yang kuat yang bertahan’ juga dari proses seleksi alam dimana ras yang lebih baik berhak atas kesempatan hidup yang lebik baik.

Seperti kebanyakan autobiografi, kebanyakan materi diubah atau direkayasa sesuka hati oleh Hitler sendiri agar image dirinya terlihat bagus. Sebagai contoh Hitler mengaku menjadi anggota Partai Buruh Jerman dengan nomor anggota 7 padahal bukti yang kemudian ditemukan menunjukan bahwa Hitler mendapatkan nomor anggota 555. Hitler sengaja berbohong untuk menunjukan bahwa dia adalah salah satu pengikut setia Partai Buruh Jerman.

Popularitas buku

Sebelum Hitler naik ke tampuk kekuasaan buku tersebut hanya terjual sedikit. Walau NSDAP (Nazi) mengklaim bahwa bukunya laku keras, dokumen-dokumen yang keluar setelah perang dunia ke dua membuktikan sebaliknya. Beberapa sejarawan bahkan berpendapat bahwa jika buku tersebut dibaca secara luas mungkin dapat memperingatkan masyarakat dunia bahwa bahaya akan tercipta oleh Hitler pada benua Eropa dan Holocaust (pembantaian Yahudi) yang menyusul kemudian. Terjemahan bahasa Inggris telah ada sebelum Perang Dunia ke 2. Walau begitu penerbit yang menerjemahkan ke bahasa Inggris telah menyensor bagian yang berhubungan dengan militerisme dan anti Yahudi.

Setelah Hitler berkuasa buku tersebut menjadi populer dan menjadi kitab suci pengikut Nazi. Bulan Januari 1933 sebanyak 287.000 Eksemplar dengan harga 12 Reichs Mark terjual. Dari Februari 1933 sampai 31 Desember 1933 1,5 Juta kopi terjual. Setiap pasangan yang hendak menikah pada saat itu harus memiliki satu kopi buku ini secara gratis. Penjualan Mein Kampf memberikan Hitler royalti jutaan Reichs Mark; walau begitu banyak yang membelinya tak pernah membacanya dan hanya membelinya untuk menunjukan kesetiaan pada Hitler agar tidak diawasi atau dicurigai. Sampai akhir perang, 10 juta kopi telah terjual di Jerman sendiri. Sesudah tahun 1945 buku ini terlarang di Jerman sampai sekarang.

Edisi ini, mengingat ketebalan hasil terjemahannya dibagi dalam dua buku, buku ini untuk Jilid pertama dan buku kedua untuk Jilid kedua yang akan terbit dalam waktu terpisah. Edisi aslinya menyatukan kedua Jilid ini dalam satu buku.

B. Biografi singkat Hitler

Adolf Hitler dilahirkan tanggal 20 April 1889 di Braunau am Inn, Austria, kota kecil 90 km barat kota Linz di provinsi Oberösterreich, Austria, tidak jauh dari perbatasan Jerman. Hitler merupakan anak ke empat dari ayahnya Alois Hitler (1837–1903), seorang pegawai bea cukai dan Klara Pölzl, sepupu dan istri ke tiga Alois. Dari ke enam anak ini hanya Adolf dan Paula yang mencapai usia dewasa. Dari istri ke duanya Alois memilik anak bernama Alois Junior dan Angela.

Alois Hitler adalah anak di luar nikah, sampai berusia 40 tahun masih memakai nama keluarga ibunya Schicklgruber. Tahun 1876 Alois menggunakan nama ayah tirinya Johann Georg Hiedler setelah mengunjungi pendeta yang menguruskan pencatatan kelahiran dan menyatakan bahwa Georg adalah ayahnya. Ejaannya mungkin dirubah oleh juru tulis. Musuh politik Hitler menuduh bahwa nama aslinya bukanlah Hitler melainkan Schicklgruber.

Karena pekerjaan ayah Hitler, maka keluarga mereka sering berpindah dari Braunau ke Passau, Lambach, Leonding lalu ke Linz. Adolf muda merupakan murid yang cerdas di sekolahnya, namun di kelas enam (1900/01) tahun pertama sekolah tingginya (Realschule) di Linz, dia gagal total dan harus mengulang. Gurunya menyebut dia ‘tak berminat untuk berusaha’.

Hitler lalu memberontak terhadap ayahnya yang ingin menjadikannya seorang pegawai negeri, Adolf ingin menjadi pelukis. Hitler menganggap dirinya seniman yang tidak dipahami. Setelah ayah Hitler meninggal tanggal 3 Januari 1903 pada usia 65 tahun, sekolahnya tak maju-maju dan pada usia enambelas tahun Hitler keluar dari sekolahnya tanpa pernah lulus.

Masa muda di Wina dan München.

Dari tahun 1905 Hitler hidup dengan gaya Bohemian dari uang pensiun ayahnya dan dukungan ibunya. Setelah ditolak dua kali untuk memasuki Akademi Seni di Wina (1907 dan 1908) karena “kurang bakat”, dimana alasan ini menyakiti hatinya, Hitler tak mencari kerja lain.

Hitler kemudian dianggap mampu menjadi arsitek karena mampu menggambar gedung-gedung. Pada tanggal 21 Desember 1907 ibunya, Klara meninggal karena kanker payudara. Di Wina Hitler bekerja sebagai pelukis mengkopi gambar dari kartu pos dan menjual gambarnya pada pedagang dan turis (ada bukti bahwa Hitler telah memproduksi 2000 lukisan sebelum Perang Dunia I).

Di Wina-lah Hitler mulai membenci Yahudi dimana sikap seperti itu umum di kalangan rakyat Austria pada saat itu. Wina memiliki komunitas Yahudi yang besar termasuk Yahudi Ortodoks dari Eropa Timur. Hitler terpengaruh oleh tulisan-tulisan pseudosains dari ideologi rasial anti Yahudi Lanz von Liebenfels dan polemik dari politisi seperti Karl Lueger, walikota Wina dan Georg Ritter von Schönerer, Führer (pemimpin) alldeutschen Bewegung (Pergerakan Pan-Jerman). Hitler mempercayai kehebatan ras Arya yang menjadi dasar pandangan politiknya. Hitler mengklaim bahwa Yahudi adalah musuh bangsa Arya dan bertanggung jawab atas masalah ekonomi Jerman. Namun menurut teman dekatnya, August Kubizek, Hitler lebih tertarik pada opera Richard Wagner daripada politik.

Setelah ditolak untuk ke dua kalinya oleh Akademi Seni, Hitler mulai kehabisan uang. Tahun 1909 dia berlindung di tempat tunawisma dan tahun 1910 tinggal di tempat buruh miskin. Berkembangnya sifat anti Yahudi Hitler diragukan pada masa ini karena seorang pemilik rumah bernama Hanisch yang Yahudi membantu menjual lukisan kartuposnya.

Bulan Mei 1913 Hitler mendapatkan sedikit warisan ayahnya dan pindah ke München. Dalam Mein Kampf dia menyatakan bahwa dia sangat merindukan untuk tinggal di sebuah kota Jerman. Di München Hitler semakin tertarik dengan tulisan-tulisan rasis Houston Stewart Chamberlain. Pindah ke München membantunya juga lari dari wajib militer Austria dan ditangkap oleh tentara Austria. Setelah tes kesehatan dimana tingginya hanya 173 cm, pendek untuk ukuran Eropa, Hitler dianggap tak cocok berdinas dan diperbolehkan kembali ke München. Namun bulan Agustus 1914 ketika Jerman memasuki Perang Dunia ke I Hitler mendaftar di ketentaraan Bayern.

Perang Dunia Pertama

Hitler bertugas di Perancis dan Belgia pada resimen cadangan infantri Bayern ke 16 sebagai pengirim pesan dimana dia sangat rentan akan tembakan musuh. Hitler juga menggambar kartun dan gambar bagi koran tentara. Dua kali Hitler diberi medali atas kehormatannya bulan Desember 1915 dengan salib besi kelas dua dan bulan Agustus 1918 Salib besi kelas satu, suatu penghargaan yang jarang diberikan pada kopral. Bulan Oktober 1916 di Perancis Utara Hitler terluka dan awal Maret 1917 kembali lagi ke garis depan.

Hitler dianggap sebagai tentara yang patuh namun tak populer diantara rekan-rekannya sendiri karena terlalu patuh. “Hormati yang diatas, jangan bersengketa dengan siapapun dan menurut tanpa banyak tanya”, ketika ditanya dalam pengadilan atas Beer Hall Putsch tahun 1924.

Tanggal 15 Oktober 1918 sebelum perang berakhir Hitler masuk rumah sakit karena matanya terserang gas beracun. Penelitian terbaru menunjukan bahwa kebutaan sementara yang dialami Hitler adalah reaksi histeris atas kalahnya Jerman.

Hitler dirawat oleh psikiater militer yang melaporkan bahwa ‘Kopral ini tak cocok memerintah orang’ dan ‘psikotik berbahaya’. Komandannya pada saat itu mengatakan bahwa dia tak akan mempromosikan orang histeris ini.

Selama perang Hitler menjadi patriot Jerman walau baru menjadi warga negara Jerman tahun 1932. Hitler tekejut akan kekalahan Jerman dalam Perang Dunia ke I dimana sebagian besar rakyat Jerman sulit juga mempercayainya. Layaknya banyak nasionalis Jerman lainnya Hitler menyalahkan politisi sipil (seringkali Hitler sebut dengan pengkhianat bulan November-November Verbrecher) atas kekalahan ini. Perjanjian Versailles dianggap sangat memalukan bagi Jerman, hal inilah yang dianggap banyak sejarawan sebagai faktor yang menyebabkan bangkitnya Hitler. Asal mula partai Nazi

Setelah perang usai Hitler tetap berada di Angkatan Bersenjata dan terlibat dalam penumpasan revolusi sosial. Hitler mengambil kursus ‘pemikiran nasional’ oleh Departemen Pendidikan dan Propaganda di grup Reichswehr Bayern, Markas ke 4 di bawah pimpinan Kapten Mayr. Tujuan kelompok ini adalah untuk mencari kambing hitam atas kekalahan perang. Kambing hitamnya adalah ‘Yahudi Internasional’, komunis dan politisi yang terkait dengannya.

Atas kecerdasan dan kemampuan oratornya bulan Juli 1919 Hitler ditunjuk menjadi V-Mann (Verbindungsmann, mata-mata polisi) dari ‘komando pencerahan’ oleh Reichswehr, yang bertujuan mempengaruhi tentara yang satu pemikiran dan menyusup partai nasionalis kecil, Partai Buruh Jerman (Deutsche Arbeiter Partai). Tanggal 12 September Hitler menghadiri pertemuan partai dan mendengarkan ceramah berjudul ‘Bagaimana menghancurkan kapitalisme ?’. Di akhir pidato seorang pendengar membuat marah Hitler dan Hitler berpidato mengenai kesatuan Jerman. Hal ini memikat para pendiri partai yang ingin menggunakan bakat pidatonya

yang mulai muncul. September 1919 Hitler menjadi anggota Partai. Disini Hitler bertemu dengan Dietrich Eckart, seorang anti Yahudi dan pendiri partai.

Hitler berhenti menjadi tentara tahun 1920 dan mulai sibuk dalam partai dan merubah nama partainya menjadi Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei, NSDAP atau dikenal dengan akronim Nazi.

Bakat pidato dan persuasif Hitler berkembang. Pidato jalanannya yang menyerang Yahudi, sosialis, liberal, kapitalis dan komunis mulai mendapat banyak pendukung. Pengikut pertama termasuk Rudolf Hess, Hermann Göring, dan Ernst Röhm, kepala organisasi paramiliter Nazi, SA (Sturm Abteilung). Pengikut lainnya adalah Jendral Ludendorff. Hitler menggunakan Ludendorff untuk melakukan kudeta di München dalam kudeta yang bernama ‘Beer Hall Putsch’ pada tanggal 8 November 1923 yang bertujuan menggulingkan pemerintahan Bayern.

Latar belakang dan kejadian Beer Hall Putsch.

Beer Hall Putsch terjadi pada hari Kamis tanggal 8 November 1923 ketika ketua partai Nazi, Adolf Hitler dan Jendral Erich Ludendorff, serta beberapa pemimpin lainnya mencoba untuk mengkudeta pemerintahan di München, Bayern. Namun latarnya dapat dirunut sampai awal tahun 1923 ketika Perancis menyerbu Jerman menduduki distrik Ruhr dan mengambil beberapa kota di Rheinland. Walau diprotes negara-negara lain Perancis tak bergeming malah berusaha mempengaruhi penduduk didaerah pendudukannya dengan propaganda anti Jerman dan pemisahan Rhein menjadi negara Rhenania. Jerman tentu tak dapat membela diri dari serangan ini karena militernya lumpuh. Propaganda Perancis begitu intens dengan sokongan dana melimpah, para penghasut pun dibayar. Pada waktu yang sama gerakan yang mirip muncul di Bayern agar memisahkan diri dari Jerman dan mendirikan negara monarki Katolik di bawah kekuasaan Perancis. Propaganda di Rheinland semakin intens bahkan beberapa politisi Jerman sampai berpendapat bahwa jika Rheinland berpisah maka Jerman bisa tawar menawar soal biaya ganti rugi akibat perjanjian Versailles. Di Bayern arahnya lebih jauh, jika Bayern berpisah maka akan bergabung dengan Jerman Austria Katolik di bawah raja monarki Habsburg. Sehingga sebuah blok Katolik akan muncul dari Rheinland sampai Bayern dan Lembah sungai Donau (Danube) dimana semuanya di bawah hegemoni Perancis. Diplomasi Perancis memang mengarahkan untuk memecah belah Jerman. Kehancuran Jerman ketika perang usai menurut pandangan Hitler, disalahkan kepada pemerintahan pusat yang berkhianat.

Pada bulan September Hitler memerintahkan 15.000 pasukan serbunya (SA) dan mengumumkan bahwa tanggal 23 September 1923 dia akan mengedakan pertemuan besar-besaran di 14 tempat. Hal ini membuat Perdana Menteri Bayern Eugen Ritter von Knilling mengumumkan keadaan darurat dan menunjuk Gustav von Kahr sebagai komisaris Polisi Bayern, Kolonel Polisi Bayern Hans von Seisser, dan Jendral Angkatan Bersenjata Otto von Lossow sebagai diktator atau disebut triumvirat untuk menjaga tata tertib.

Hitler dengan pemimpin lainnya mencari ketiga orang tersebut dan mencoba meyakinkan mereka agar maju ke Berlin dan mengambil kekuasaan. Sebelum triumvirat ada, Hitler bahkan menelpon Von Kahr setiap hari untuk membujuknya. Von Kahr ingin mengembalikan monarki dan Hitler ingin menjadi diktator. Keduanya sulit mencapai titik temu.

Putsch

Akhirnya Hitler yang merasa tak cocok dengan Von Kahr mulai memimpin kudeta sendiri. Hitler berencana menduduki München sebagai dasar untuk menggoyang pemerintahan Republik Weimar di Berlin. Istilah Beer Hall sendiri merupakan kedai besar yang banyak terdapat di kota­kota di selatan Jerman dimana ratusan orang berkumpul malam hari untuk minum bir dan menyanyi. Tempat ini juga bisa dijadikan tempat pertemuan politis. Salah satu Beer Hall yang terbesar di München adalah Bürgerbräu Keller dimana kudeta ini dimulai. Kemudian Hitler bersama sepasukan SA maju menuju Bürgerbräu Keller, sebuah kedai bir di München dimana Von Kahr akan berpidato di depan 3000 orang. Dalam kegelapan malam, 600 anggota SA mengepung Beer Hall dan sebuah senapan mesin diarahkan ke pintu depan kedai. Adolf Hitler, yang berjalan bersama Hermann Göring, Alfred Rosenberg, Rudolf Heß, dan Ulrich Graf menyerbu ruangan pada pukul 20:30 malam dan menembakan tembakan ke langit-langit sambil berteriak;

Revolusi nasional telah pecah! Ruangan ini berisi enam ratus orang. Tak ada yang boleh

pergi. Pemerintah Bayern dan pemerintah pusat di Berlin telah digulingkan. Pemerintahan

baru akan terbentuk. Barak Reichswehr (tentara) dan polisi telah diduduki. Semuanya

telah mendukung swastika.”

Dengan todongan senjata,Hitler memaksa von Kahr, von Seisser, dan von Lossow, untuk masuk ke sebuah ruangan dan memaksa mereka mendukung rencananya untuk maju ke Berlin atau mereka akan di tembak. Hitler kira akan mendapat persetujuan dengan cepat. Ketika hal itu tak terjadi, Hitler mulai memohon dan merengek pada tahanannya.

Ketika penyanderaan, waktu diisi dengan pidato dan tak ada seorang pun yang diperbolehkan pergi dan rombongan Hitler mengambil Perdana Menteri von Knilling dan kabinetnya sebagai sandera.

Sementara itu dua orang diminta menjemput Laksamana Ludendorff yang prestasinya pada Perang Dunia I digunakan Nazi untuk meningkatkan gengsi. Ludendorff muncul pukul 20:40 lalu Hitler menelepon Ernst Röhm, yang menunggu dengan serombongan pasukan SA di Löwenbräukeller, Beer Hall yang lain lalu memerintahkannya untuk mengambil alih gedung penting di kota. Pada saat bersamaan pula yang lain memobilisasi mahasiswa untuk menguasai bangunan lainnya.

Seketikanya tiba, Ludendorff didesak memasuki ruangan untuk membantu Hitler mendesak ketiga sandera untuk menuruti kemauannya. Tekanan semakin meningkat dan ketiga orang tersebut akhirnya menyerah. Mereka masuk ke ruangan , berpidato, lalu semua orang boleh keluar. Sebuah kesalahan taktis dibuat oleh Hitler, dia meninggalkan Bürgerbräu Keller untuk mengendalikan krisis di tempat lain. Pukul 22:30 Ludendorff melepaskan Von Kahr serta sandera lainnya.

Malam itu menjadi sebuah kebingungan ketika pegawai pemerintahan, angkatan bersenjata dan polisi bingung menentukan kemana harus menurut. Sekelompok Kampfbund mulai bergerak untuk mempersenjatai diri dan menguasai gedung-gedung.

Pukul tiga pagi korban kudeta mulai jatuh ketika garnisun lokal Reichswehr melihat anak buah Röhm keluar dari Beer Hall. Mereka disergap ketika menuju barak Reichswehr. Lalu seluruh perwira Reichswehr menyalakan alarm bagi seluruh garnisun dan memanggil bala bantuan. Kemudian sebuah daftar orang-orang Yahudi yang terkenal muncul dan SA diharuskan menangkap mereka. Tindakan teror dan vandalisme dilakukan kepada Yahudi. Beberapa di tangkap dan yang lainnya kabur. Beberapa staf kedutaan asing di tahan di ruangan hotel mereka atau di rumah.

Subuh, Hitler memerintahkan balaikota München dikuasai. Lalu Hitler mengirimkan kurir kepada ketua Kampfbund, Max Neunzert, untuk meminta bantuan Pangeran Rupprecht dari Bayern untuk menjadi mediator antara von Kahr dan para penggagas kudeta. Neunzert gagal.

Pagi tanggal 9 kudeta ternyata tak seperti yang diharapkan dan Hitler putus asa. Mereka tak tahu harus apa dan ingin menyerah. Pada saat inilah Ludendorff berteriak, “Wir marschieren!” (Kita berbaris!) lalu anak buah Röhm bersama dengan Hitler (2000 orang) berbaris tanpa arah yang jelas. Kemudian Ludendorff mengarahkan mereka ke kementrian pertahanan Bayern. Namun di Odeonsplatz di depan Feldherrenhalle, mereka berhadapan dengan kekuatan 100 tentara yang memblok jalan di bawah perintah Letnan Polisi senior Baron Michael von Godin. Kedua kelompok saling menembak, membunuh empat polisi dan empat belas pelaku kudeta. Hitler dan Hermann Göring terluka. Mereka yang tewas di pihak Hitler muncul namanya dalam pendahuluan buku Mein Kampf, Jilid Pertama ini.

Polisi mengetahui kudeta ini dari dua detektif polisi yang berada di depan Löwenbräukeller. Laporan ini sampai ke telinga Mayor Sigmund von Imhoff. Dia lalu memanggil unit polisi hijau dan menguasai kantor telegraf pusat serta kantor telepon. Namun tindakan pentingnya adalah memberitahu Mayor Jendral Jakob von Danner, komandan Reichswehr München. Jakob sebagai aristokrat sejati membenci Hitler dan kelompok perusuhnya. Jakob lalu berkeinginan untuk memadamkan kudeta. Jendral Danner lalu membuat pos komando di barak infantri ke 19 dan memanggil semua unit militer. Sementara itu Kapten Karl Wild yang akhirnya mengetahui kudeta memobilisasi tentara untuk menjaga gedung pemerintahan dengan perintah tembak di tempat. Pukul 23:00, von Danner bersama Jendral Adolf von Ruith dan Jendral Baron Friedrich Kress von Kressenstein menolak perintah Jendral Lossow untuk membiarkan kudeta. Saat bersamaan pula satu anggota kabinet yang tidak ada di Bürgerbräu Keller, Franz Matt, wakil perdana menteri dan menteri pendidikan serta budaya juga seorang katolik sejati sedang makan malam dengan Michael Cardinal von Faulhaber dan Papal Nuncio, Monsignor Eugenio Pacelli, (kemudian menjadi Paus Pius XII) ketika mengetahui kudeta terjadi. Matt lalu mencoba membuat pemerintahan di pengasingan, kalau kudeta berhasil, dan memanggil semua polisi, angkatan bersenjata dan

pegawai pemerintahan agar setia pada pemerintahan. Apa yang mereka semua lakukan menggagalkan kudeta.

Kesudahan

München dilanda kerusuhan setelah tembak menembak di Feldernhalle. Pada hari Sabtu 4000 mahasiswa dari Universitas München berbaris menuju Feldherrnhalle untuk mengamuk, amuk massa berlangsung sampai hari senin sampai mereka mengetahui bahwa Hitler ditahan. Von Kahr dan von Lossow dijuluki “Judas” dan “Pengkhianat”.

Tiga hari setelah kudeta Hitler di tahan dan didakwa dengan pengkhianatan. Kaki tangannya di tangkap pula sementara yang lolos lari ke Austria. Markas Partai Nazi di serbu dan koran propagandanya, Völkischer Beobachter dilarang.

Pengadilan di mulai tanggal 26 Februari 1924ketika Hitler bersama Hess di hukum lima tahun di Festungshaft (penjara benteng) Landsberg am Lech. “Festungshaft” merupakan jenis penjara tanpa kerja paksa, sel yang nyaman dan membolehkan tahanan menerima tamu berjam-jam tiap hari. Keputusan itu merupakan hukuman umum bagi mereka yang hakim anggap bertindak atas motiv yang sesat.

Selama pengadilannya pada bulan April 1924 membiarkan Hitler berpidato di ruang sidang. Pidatonya yang berisikan nasionalisme dan sentimen negatif memikat hati massa. Kalimat yang paling terkenal dari pidato ini adalah ‘tak ada pengkhianatan bagi pengkhianat tahun 1918’. Usaha kudetanya mengganjarkan Hitler lima tahun penjara di Landsberg dimana para penjaga penjara memperlakukannya dengan sangat baik dan ratusan pucuk surat dari banyak pengagum dilayangkan kepada Hitler pada masa ini. Selama di Landsberg pula Hitler mendiktekan buku Mein Kampf pada wakil setianya, Rudolph Hess. Jilid pertama berjudul Abrechnung (pembalasan) kemudian diterbitkan dan menjadi ideologi partai Nazi.

Karena dianggap tak berbahaya Hitler diberikan amnesti dan dibebaskan bulan Desember 1924. 16 orang anggota partai Nazi yang tewas di Feldherrnhalle diabadikan namanya dalam pendahuluan buku Mein Kampf  ini. .

Jalan menuju kekuasaan

Jalan bagi Hitler makin lapang dengan depresi ekonomi tahun 1930 yang menghantam Jerman. Republik Weimar sendiri tak pernah bisa tenang memerintah karena ditentang kaum konservativ dan fasis. Partai Sosial Demokrat dan partai lainnya tak mampu menanggulangi krisis ekonomi. Pada bulan September 1930 partai Nazi tiba-tiba mendapatkan 18% dan 107 kursi di Reichstag, menjadi partai kedua terbesar di Jerman. Hitler memikat rakyat jelata dan kelas menengah yang menderita akibat krisis ekonomi. Sementara kelas buruh dan kota-kota di daerah Ruhr tak begitu suka pada Hitler.

Pada pemilu tahun 1932 Hitler bersaing dengan Hindenburg dalam posisi presiden. Hitler mendapatkan 35% suara pada bulan April namun kalah dari Hindenburg.

Hindenburg membubarkan pemerintahan, menunjuk Franz von Papen menjadi kanselir dan pemilu Reichstag diadakan lagi. Pada bulan Juli 1932 Nazi mendapatkan 230 kursi dan menjadi partai terbesar di Reichstag. Setelah mosi tidak percaya sebanyak 84% menjungkalkan von Papen, Reichstag dibubarkan dan pemilu diadakan lagi.

Papen dan Partai tengah (Zentrumspartei) mulai negosiasi mengenai peran Nazi dalam pemerintahan baru namun Hitler memasang harga mahal, meminta posisi Kanselir dan kekuasaan dari Presiden agar bisa menggunakan kekuatan darurat. Penawaran Hitler ditolak, dan kegagalan Nazi untuk memikat kelas Buruh membuat Nazi semakin diasingkan. Pada bulan November 1932 Nazi kehilangan kursi walau tetap menjadi partai terbesar di Reichstag. Karena Papen gagal menjadi mayoritas, Hindenburg memecatnya dan menunjuk Jendral General Kurt von Schleicher, yang menjanjikan bahwa dia dapat menjadi mayoritas dengan bernegosiasi pada Serikat buruh Sosial Demokrat dan fraksi buangan Nazi yang dipimpin oleh Gregor Strasser.

Papen dan Alfred Hugenberg (Ketua Partai Nasionalis Rakyat Jerman, DNVP yang sebelum Nazi berdiri adalah partai sayap kanan utama) bersekongkol untuk membujuk Hindenburg agar menunjuk Hitler menjadi kanselir dengan sokongan DVNP dengan janji bahwa mereka dapat mengendalikan Hitler. Ketika Schleicher terpaksa mengakui kegagalannya membentuk koalisi dan meminta Hindenburg agar membuat pemilu lagi maka Hindenburg memecatnya dan menunjuk Hitler sebagai kanselir, Papen sebagai wakil Kanselir dan Hugenberg sebagai menteri Ekonomi dalam sebuah kabinet yang hanya akan memuat tiga menteri dari Nazi, Hitler, Göring dan Wilhelm Frick. Tanggal 30 Januari 1933 Hitler resmi disumpah sebagai kanselir di depan Reichstag.

Pemilu bulan Maret 1933 menyumbangkan 43,9% suara bagi Nazi. Nazi akhirnya menguasai Reichstag berkoalisi dengan DNVP.

Kemudian gedung Reichstag terbakar dan kaum komunis disalahkan, Undang-undang kemungkinan memberikan Hitler kekuasaan diktator, membuat Hitler dapat mendepak orang­orang komunis. Di bawah Undang-Undag ini (Enabling act) kabinet Nazi memiliki kekuasaan untuk legislasi layaknya Reichstag sendiri. Undag-undang ini menyebutkan bahwa kabinet hanya dapat menyetujui peraturan yang diberikan oleh Kanselir (Hitler) dan akan kadaluwarsa setelah empat tahun atau jika ada pemerintahan baru. Undang-undang ini terus diperbaharui walau kemudian Perang Dunia II terjadi.

Serangkaian Dekrit muncul kemudian. Partai-partai lain ditekan dan oposisi dilarang. Dalam hanya beberapa bulan Hitler memiliki kekuasaan mutlak. Tanggal 2 Agustus 1934 Presiden Paul von Hindenburg wafat. Bukannya membuat pemilihan Presiden, kabinet Hitler membuat aturan baru dimana Hitler merangkap kedua jabatan (Presiden dan Kanselir). Lalu Hitler pun meminta semua anggota militer bersumpah setia padanya.

Dengan menguasai seluruh Jerman tanpa mandat langsung rakyat, Hitler semakin didukung dan populer sampai akhir hayatnya. Bakat pidato dan penguasaan media yang mutlak oleh Menteri Propagandanya, Dr. Joseph Goebbels, rakyat Jerman dicekoki informasi bahwa dia adalah penyelamat bangsa dari Depresi ekonomi, perjanjian Versailles yang merugikan dan tentu saja, Yahudi.

Hitler membangun industri dan sipil Jerman kebanyakan didasarkan oleh hutang dan pelebaran militer. Kebijakan Nazi pada wanita menganjurkan mereka untuk tinggal di rumah dan membesarkan anak. Tingkat pengangguran menurun drastis, karena produksi senjata. Sekilas ekonomi Jerman pulih terlihat dari propaganda yang ada. Hitler juga mengembangkan infrastruktur terbesar sepanjang sejarah Jerman dengan membangun belasan bendungan, jalan tol, rel kereta api dan bangunan lainnya. Kebijakan Hitler ditekankan pada pentingnya kehidupan keluarga.

Dalam bidang arsitektur Jerman berkembang dimana Albert Speer menjadi arsitek terkenalnya. Pada tahun 1936 Berlin menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas yang dibuka oleh Hitler dan menampilkan kehebatan superioritas Arya diatas ras lainnya.

Represi

Bagi mereka yang tak setuju dengan kebijakan Hitler maka SA, SS dan Gestapo (polisi rahasia negara) diberi kebebasan bertindak. Ribuan orang menghilang di kamp konsentrasi, ribuan berpindah ke luar Jerman termasuk setengah populasi Yahudi Jerman.

Tahun 1934 pasukan paramiliter SA pimpinan Ernst Röhm tak disukai sebagian besar kelompok militer dan politisi berpengaruh di Jerman. Hitler lalu menugaskan Himmler untuk membunuh Röhm dan belasan ‘calon’ musuh yang potensial pada tanggal 29-30 Juni 1934 yang dikenal dengan Nacht der langen Messer.

Di bawah Undang-Undang Nürnberg tahun 1935 Yahudi kehilangan kewarganegaraan mereka dan dipecat dari seluruh posisi pejabat publik, pekerjaan dan seluruh bentuk kegiatan ekonomi. Yahudi menjadi sasaran propaganda kebencian. Pelarangan semakin diperketat khususnya pada operasi anti Yahudi pada tahun 1938 yang disebut dengan Kristallnacht. Dari tahun 1941 Yahudi harus memakai tanda bintang kuning jika keluar rumah. Diantara bulan November 1938 dan September 1939 lebih dari 180.000 Yahudi kabur dari Jerman dan Nazi mengambil apapun yang mereka tinggalkan.

Militerisasi

Bulan Maret 1935 Hitler melanggar perjanjian Versailles dengan membuat wajib militer. Industri militer dibangun. Wajib militer tampaknya menyelesaikan masalah ekonomi namun sebenarnya malah merusak.

Daerah Rheinland diduduki tahun 1936, sebagai pelanggaran lanjutan atas perjanjian Versailles. Perancis dan Inggris tak melakukan apapun. Ketika perang sipil Spanyol bulan Juli 1936 pecah, Hitler mendukung Jendral Franco yang melawan pemerintahan terpilih Spanyol. Spanyol lalu menjadi lahan percobaan senjata baru Jerman yang meluluh lantakan kota Guernica pada bulan April 1937.

Jerman bersekutu dengan Italia dengan dikator Fasis Benito Mussolini pada tangal 25 Oktober 1936. Aliansi ini dikembangkan dengan memasukan Jepang, Hungaria, Romania dan Bulgaria. Lalu pada tanggal 5 November 1937 Hitler mengadakan pertemuan rahasia dan menyatakan rencananya untuk mendapatkan ‘tempat tinggal’ (Lebensraum) bagi rakyat Jerman.

Holocaust

Selama tahun 1942 dan 1945 SS yang dibantu kolaborator pemerintahan dari negara yang diduduki secara sistematis membunuh 11 juta manusia dimana 6 juta diantaranya adalah Yahudi di kamp konsentrasi, ghetto dan eksekusi massal. Selain Yahudi, komunis, lawan politik, homoseksual, pendeta yang menentang, orang cacat mental dan fisik, tahanan perang Soviet, ilmuwan Polandia, Saksi Yehova, serikat buruh dan pasien psikiater di bunuh juga. Pembantaian massal ini di sebut dengan Holocaust.

Pembantaian dengan istilah Endlösung ini direncanakan oleh Nazi, terutama oleh Himmler sebagai pemimpin SS. Walau tak ada dokumentasi bahwa Hitler mensahkan pembunuhan massal, ada dokumentasi bahwa Hitler menyetujui pasukan tambahan (Einsatzgruppen) dan ada bukti bahwa pada musim gugur 1941 secara prinsip Hitler menyetujui pembantaian massal dengan kamar gas.

Untuk mempermulus rencana pembantaian massal (khususnya Yahudi) konferensi Wansee di luar Berlin diadakan pada tanggal 20 Januari 1942 dihadiri limabelas perwira senior dan dipimpin oleh Reinhard Heydrich dan Adolf Eichmann. Dokumen pertemuan ini menjadi bukti kuat bahwa Holocaust telah direncanakan. Pada tanggal 22 Februari, tercatat ucapan Hitler ketika berbicara pada rekannya: ‘Kita akan sehat dengan membasmi Yahudi’.

Perang Dunia ke II

Tanggal 12 Maret 1938 Hitler menekan Austria agar bersatu dengan Jerman. Lalu krisis diciptakan pada daerah Sudetenland di Cekoslowakia yang memiliki banyak warga Jerman. Hal ini memicu perjanjian München pada bulan September 1938 dimana Perdana Menteri Inggris Neville Chamberlain hadir. Di München, Inggris dan Perancis menuruti keinginan Hitler, menghindari perang namun gagal menyelamatkan Cekoslowakia. Hasil pertemuan ini menobatkan Hitler menjadi Man ofthe Yeartahun 1938 oleh majalah TIME.

Hitler memerintahkan tentara Jerman memasuki Praha tanggal 10 Maret 1939, mengambil daerah yang dimiliki Polandia di bawah perjanjian Versailles. Inggris tak mampu membuat perjanjian dengan Soviet mengenai persekutuan dengan Jerman dan tanggal 23 Agustus 1939 Hitler membuat perjanjian rahasia anti saling serang (Molotov-Ribbentrop) dengan Stalin.

Tanggal 1 September Jerman menyerbu Polandia dan Inggris beserta Perancis yang menjamin keamanan Polandia menyatakan perang pada Jerman. Setelah Polandia dikuasai, Hitler semakin membangun tentaranya yang disebut dengan Sitzkrieg (perang duduk). Sitzkrieg berakhir bulan Maret 1940 dimana tentara Jerman menyerbu Denmark dan Norwegia. Bulan Mei 1940 Hitler memerintahkan tentaranya menyerbu Perancis,Belanda,Luxemburg dan Belgia. Perancis menyerah bulan Juni 1940.

Kemenangan ini meyakinkan Mussolini untuk bergabung dengan Hitler. Inggris yang tersudut di Dunkirk, Perancis bertempur sendirian. Setelah penawaran damai Hitler di tolak pemerintah Inggris yang dipimpin oleh Winston Churchill, Hitler memerintahkan Inggris di bom. Namun RAF (Angkatan Udara Kerajaan Inggris) mengalahkan Luftwaffe akhir Oktober 1940. Kemudian London dan Coventry di bom habis-habisan pada malam hari sampai bulan Mei 1941.

Tanggal 22 Juni 1941 Hitler memerintahkan tiga juta tentara Jerman menyerbu Uni Soviet, melanggar pakta dengan Stalin. Invasi bernama Operation Barbarossa, membuat Jerman memiliki banyak daerah penjajahan, khususnya daerah Baltik dan Ukraina. Tentara Soviet hancur. Jerman hanya terhenti di Moskow setelah tentara Soviet melawan habis-habisan.

Kekalahan

Hitler menyatakan perang melawan Amerika Serikat pada tanggal 11 Desember 1941 sehingga Jerman melawan kerajaan terbesar di dunia (Inggris), kekuatan industri dan keuangan terbesar (Amerika Serikat) dan negara terbesar (Uni Soviet).

Akhir tahun 1942 Jerman dikalahkan di pertempuran El Alamein, menghancurkan rencana Hitler menguasai selat Suez dan Timur Tengah. Februari 1943, pertempuran Stalingrad yang melelahkan menyebabkan tentara Jerman dihancurkan Soviet. Kekalahan ini menjadi titik balik perang. Setelah ini kualitas penilaian militer Hitler menjadi tak teratur dan ekonomi Jerman morat-marit. Kesehatan Hitler juga turun, tangan kirinya bergetar karena Parkinson.

Benito Mussolini dijungkirkan tahun 1943 setelah Amerika Serikat menyerbu Sisilia. Selama tahun 1943 dan 1944 tentara Soviet mendesak Jerman di fron timur sementara tanggal 6 Juni 1944 Amerika Serikat dan Inggris mendarat di Normandy, Perancis. Beberapa pejabat Jerman tahu bahwa kekalahan diambang mata dan mencoba menyingkirkan Hitler. Bulan Juli 1944 beberapa

perwira mencoba meletakan bom di tempat Hitler rapat namun Hitler selamat dan para perencana beserta 4000 orang lainnya yang dibelakang percobaan pembunuhan ini di eksekusi. Kematian

Akhir tahun 1944, Jerman terjepit oleh Soviet dan Amerika Serikat. Jerman telah kalah perang secara militer namun Hitler melarang pembicaraan damai dengan Sekutu.

Bulan April 1945 Berlin sudah dicapai Soviet dan tanggal 23 April 1945, 400 tentara batalyon komunikasi Hitler desersi. Maka Hitler pun terpaksa mengandalkan berita dari kantor berita musuh seperti BBC dan Reuters. Perwira-perwira terdekat Hitler menganjurkan Hitler agar kabur ke Austria atau Bayern untuk berjuang habis-habisan di pegunungan, namun Hitler menolak. Pemimpin SS, Himmler lalu mencoba menginformasikan sekutu bahwa Jerman siap menyerah lewat bantuan diplomat Swedia. Hal ini didengar Hitler dan Himmler dipecat dari jabatannya.

Ketika pertempuran Berlin hanya rumah demi rumah lagi, tanggal 30 April 1945 Hitler bunuh diri bersama kekasih yang jadi istrinya selama sehari, Eva Braun dengan menggigit kapsul sianida sambil menembak kepalanya sendiri. Tubuh mereka di bakar di halaman kantor kanselir.

Namun tubuh Hitler tak sepenuhnya hancur, tentara Soviet yang tiba mengambil sisa-sisa jenasahnya dan dengan menggunakan identifikasi gigi mengkonfirmasi sisa tubuh tersebut. Untuk menghindari pemujaan, sisa tubuh mereka dikubur di kota Magdeburg. Tahun 1970 sisa tubuh mereka digali lagi dan dibakar, lalu abunya di buang di sungai Elbe. Di Moskow masih ada sisa tengkorak dan sebagian tulang yang dikatakan adalah bagian tubuh Hitler. Dari tes DNA dapat diketahui bahwa tengkorak itu asli.

Dalam wasiatnya Hitler memecat pemimpin Nazi lainnya dan menunjuk Laksamana Karl Dönitz sebagai Reichspräsident (Presiden Jerman) dan Goebbels sebagai Reichskanzler (Kanselir). Namun Goebbels hanya menjadi kanselir selama sehari karena keesokan harinya 1 Mei 1945 setelah ke enam anak mereka di bunuh, Goebbels bersama istri bunuh diri dan mayat mereka di bakar. Tanggal 8 Mei 1945 Jerman menyerah tanpa syarat pada sekutu di Reims, Perancis. Kekaisaran seribu tahun Hitler hanya bertahan dua belas tahun. Seluruh gelora kebencian dan perang berakhir dalam puing-puing. Jerman dikuasai sekutu dan perang dingin dimulai.

C. Perang Dunia I

Kejadian-kejadian di bawah ini melatarbelakangi pecahnya Perang Dunia I serta mengarah kepada pembentukan keadaan sosial politik di Jerman, Austria Hungaria dan Eropa yang menjadi latar belakang buku Mein Kampf ini. Susunan kejadian disusun secara kronologis dan berakhir pada terpilihnya Hitler menjadi penguasa Jerman. Apa yang terjadi setelah Hitler berkuasa tahun 1933 dapat dilihat pada biografi singkat Hitler.

Latar belakang

Perang Dunia I merupakan konflik yang berlangsung dari tahun 1914-1918. Dalam perang ini senjata kimia digunakan pertama kali dan pemboman masal sipil dilakukan, beberapa pembantaian masal juga dilakukan. Konflik berdarah pertama abad 20 ini melibatkan mobilisasi tentara yang intens serta front peperangan yang luas. Perang Dunia Pertama juga merubah wajah Eropa. Dinasti-dinasti seperti Habsburg, Romanov, dan Hohenzollern yang telah mendominasi perpolitikan Eropa dan berakar sampai ke awal Perang Salib hancur dalam perang 4 tahun ini. Kebanyakan kejadian besar di abad 20 menemukan ujungnya di Perang ini, dari bangkitnya komunisme Perang Dunia ke 2 sampai Perang Dingin.

Rusia juga merasakan efeknya, dengan revolusi 1917. Revolusi yang menjadi embrio perang dingin. Kekalahan Jerman dan kegagalan menyelesaikan permasalahan sesudah perang melahirkan Nazi dan penyebab Perang Dunia II pada tahun 1939. Perang ini juga kejam dan tak pandang bulu dalam memangsa korbannya, tak ada lagi perang terhormat karena semua cara digunakan. 9 juta nyawa melayang dalam perang ini dan lebih banyak yang mati karena kelaparan. Apa penyebab penderitaan ini?.

Tanggal 28 Juni 1914 Franz Ferdinand, Pangeran Austria dan pewaris takhta Austria-Hungaria dibunuh di Sarajevo oleh Gavrilo Princip, seorang mahasiwa Bosnia Serbia. Walau pemicunya adalah pembunuhan ini, akarnya bisa dilacak sampai Revolusi Perancis seabad sebelumnya.

Akhir abad ke 17 masyarakat Perancis berada di ujung revolusi. Monarki mengatur Perancis dengan absolut. Kelas masyarakatnya jelas, Raja dan bangsawan di atas, gereja di tengah dan rakyat paling bawah. Kelas sosial baru tercipta, kaum Borjuis (bangsawan). Kelas menengah baru merupakan pe-reformasi masayarakat Perancis yang ingin diperlakukan sama dengan para

bangsawan. Perancis juga bermasalah secara ekonomi. Sejak Louis XIV, Perancis kehabisan uang untuk perang. Kelas menengah marah karena pajak semakin mencekek kecuali bagi kaum aristokrat. Usaha untuk membantu ekonomi Perancis menjadi perang Benua Eropa. Revolusi Perancis menjadi kekacauan dan Napoleon berkuasa, tentaranya merambah Eropa memaksakan ide-ide Perancis. Perang Napoleon pun pecah. Ide nasionalisme dan rasa cinta pada rakyat mulai muncul pada saat ini. Napoleon mulai mengambil ide ini untuk memperbaiki mesin perang Perancis. Warga Perancis mulai bangga akan budaya dan etnik mereka. Pertama kali dunia melihat Nasionalisme dan melihat apa yang Perancis raih dari nasionalisme itu. Seluruh Eropa pun terpikat pada pesona Nasionalisme. Kongres Wina 1815 kemudian hadir dan dihadiri para pemenang perang Napoleon: Inggris, Prussia (sebelum menjadi Jerman), Rusia dan Austria. Tokoh pentingnya adalah wakil Austria, Klemens von Metternich. Metternich mencoba membalikan keadaan Eropa seperti sebelum Revolusi Perancis. Dia meminta Eropa untuk memiliki keseimbangan kekuasaan dimana tak ada satupun negara Eropa yang lebih kuat diantara lainnya. Metternich juga menciptakan sistem dimana setiap negara Eropa akan saling membantu agar aristokrat tetap berkuasa. Dengan mencegah monarki tunggal di setiap negara agar tidak jatuh menjadi nasionalisme maka akan mencegah seluruh Eropa terbakar api revolusi sosial.

Jika revolusi sosial terjadi, Metternich berpendapat bahwa Eropa akan terjerumus kedalam pertumpahan darah dengan skala seperti perang Napoleon. Metternich takut kepada kekuatan nasionalisme yang akan merobek negeri-negeri multi etnik seperti Rusia dan Kekaisaran Austria­Hungaria.

Sesudah kongres konflik antara yang ingin perubahan dan pro status quo mulai muncul. Tahun 1848 terdapat revolusi yang menyebabkan riak sosial. Awal 1860 sampai 1870 perubahan dimulai: penyatuan Italia dan Jerman. Penyatuan Jerman dipanggul oleh kanselir bertangan besi Otto von Bismarck melalui peperangan tahun 1864-1871.

Perang Franco-Prussia tahun 1870-71 tak hanya memperkuat kekaisaran Jerman namun rasa dendam antara Perancis dan Jerman dikarenakan pendudukan Jerman atas daerah Perancis di Elsass-Lothringen. Dengan arahan politis kanselir Otto von Bismarck, Jerman mengamankan posisinya di Eropa dengan bersekutu pada Austria-Hungaria dan nota diplomatik dengan Rusia. Bismarck mulai mengejar persekutuan dan perjanjian damai di seluruh negara Eropa kecuali Perancis. Bismarck takut perang akan menghancurkan persatuan Jerman yang telah dibangunnya dengan susah payah. Ketika kaisar Wilhelm I wafat, sistem persekutuan mengikat Eropa.

Naiknya Kaisar Wilhelm II(1888) membawa Jerman dipimpin pemimpin muda yang gegabah. Setelah pemilu tahun 1890 kaisar memaksa Bismarck untuk mundur.

Jatuhnya Kanselir mengakibatkan masalah baru, Kaisar gagal memperbaharui perjanjian tahun 1887 dengan Rusia sehingga Perancis sudah lebih dulu menandatanganinya dengan Rusia. Lebih buruk lagi ketika kaisar memperkuat angkatan laut Jerman sehingga mampu mengancam Inggris menyebabkan ketegangan antara Inggris dan Jerman tahun 1904 dan berkembang dengan memasukkan Rusia yang bukan lagi sekutu Jerman.

Ketegangan semakin memuncak dengan perebutan daerah jajahan di Afrika dan Asia diantara negara-negara Eropa pada tahun 1880. Bahkan Bismarck yang enggan menjajah menambah ketegangan dengan mengambil beberapa daerah di Asia dan Afrika sehingga Inggris sebagai penjajah sepertiga dunia merasa terancam kepentingannya.

Kunci selanjutnya adalah tumbuhnya nasionalisme diantara negara-negara Balkan yang masing­masing mencari dukungan Jerman, Austria-Hungaria dan Rusia.

Kecurigaan kepada pemulihan Rusia tahun 1909 menyebabkan Jerman berencana untuk menyerang duluan agar ketegangan terpecahkan sebelum kekuatan Rusia melebihi Jerman. Pada tahun 1913 Jerman dan Perancis memperkuat militernya.

Pecahnya perang

Keamanan regional Austria terancam dengan daerah Serbia yang terus meluas sebagai hasil perang Balkan 1912-1913. Kaisar Franz Joseph, dan Conrad von Hötzendorf, khawatir dengan nasionalisme Serbia di bagian selatan Austria. Mereka khawatir Rusia akan mendukung pencaplokan yang dilakukan oleh Serbia.

Austria merasa lebih baik menghancurkan Serbia dulu sebelum terdahului. Austria-Hungaria sendiri bukanlah negara yang kuat, koalisi antara Hungaria dan Austria berarti Austria mengurusi masalah luar negeri dan Hungaria mengurusi dalam negeri. Austria juga merasa dengan menyerang Serbia maka negaranya akan lebih kuat. Terbunuhnya pewaris takhta Austria pangeran Franz Ferdinand oleh orang Serbia pada tahun 1914 mendukung rencana penyerangan

terhadap Serbia dengan tuduhan bahwa pejabat Serbia sebagai sponsornya walau Serbia sendiri menyangkalnya.

Dengan dukungan Jerman, Austria-Hungaria mengirimkan 10 poin ultimatum terhadap Serbia (23 Juli 1914), untuk dipatuhi dalam waktu 48 jam. Pemerintah Serbia setuju kecuali untuk satu poin. Tanggal 25 Juli hubungan diplomatik antara Serbia dan Austria Hungaria diputuskan dan tanggal 28 Juli perang dideklarasikan.

Pemerintah Rusia yang sejak tahun 1909 berjanji untuk mendukung kemerdekaan Serbia sebagai ganti penjajahan Bosnia, memobilisasi prajurit cadangannya tanggal 30 Juli setelah komunikasi telegram penting antara Kaisar Wilhelm dan Tsar Rusia Nicholas II. Jerman kemudian mendeklarasikan perang melawan Rusia tanggal 1 Agustus dan dua tahun lagi melawan Perancis. Konflik kemudian terjadi antara aliansi Jerman-Austria-Italia vs Perancis-Rusia kemudian Inggris dan Serbia. Tak ada satupun aliansi yang diaktivkan ketika perang pecah walau mobilisasi umum Rusia dan deklarasi perang Jerman kepada Perancis lebih dikarenakan ketakutan siapa duluan yang memulai perang. Deklarasi perang Inggris terhadap Jerman tangal 4 Agustus bukan karena kesepahaman Inggris dengan Rusia dan Perancis namun invasi Jerman ke Belgia tanggal 4 Agustus 1914 dianggap Inggris mengganggu perjanjian London 1839 dimana Inggris mendukung kemerdekaan Belgia. Inggris juga beralasan kalau Jerman tidak dicegah maka koloni Inggris di Asia dan Afrika akan terancam karena Jerman mulai merambah koloni Perancis di Atlantik.

Pertempuran pertama

Jerman dengan Austria-Hungaria memfokuskan Austria-Hungaria bertempur melawan Rusia sementara Jerman bertempur dengan Perancis di front barat. Namun Austria malah memfokuskan diri menyerang Serbia di selatan. Serangan Austria gagal karena terjebak pada jebakan artileri Serbia. Tiga hari kemudian Austria mundur dari sungai Donau, tanda kemenangan sekutu.

Poros tengah (Jerman-Austria) menderita kekalahan besar karena ini. Austria gagal mengeliminasi Serbia dan front timur terancam jatuh ke tangan Rusia.

Rencana Schlieffen dari Jerman merencanakan untuk bertempur dengan aliansi Perancis-Rusia melibatkan hantaman kuat pada Perancis dan kemudian menghantam Rusia yang lemah mobilisasinya. Jerman berhati-hati dalam menyerang Perancis, maka Belgia di utara Perancis harus diduduki karena menghalangi jalan Jerman ketika Belgia menolak memberi jalan bagi Jerman. Inggris pun ikut campur karena perjanjian London tahun 1839 tersebut di atas.

Rencana Jerman tak mulus, Rusia ternyata cepat memobilisasi prajurit serta perlawanan di Belgia tak kunjung surut. Rusia menyerang Prusia timur mengalihkan kekuatan Jerman di front barat. Di pertempuran Tannenberg Jerman mengalahkan Rusia namun prajurit Perancis dan Inggris mampu menahan Jerman di pertempuran Marne (September 1914) , poros tengah kini dipaksa berperang di dua front. Pendudukan sekutu di wilayah musuh bukanlah di Eropa namun di Afrika, prajurit Afrika Selatan menyerang dan menduduki koloni Jerman di Namibia.

Persebaran perang 1914

28Juli

Austria-Hungaria menyatakan perang terhadap Serbia;

1Agustus

Jerman menyatakan perang terhadap Rusia;

2Agustus

Prajurit Jerman menduduki Luxembourg

3Agustus

Jerman menyatakan perang terhadap Perancis

4Agustus

Jerman menyerang Belgia;

4Agustus

Inggris menyatakan perang terhadap Jerman karena Belgia diserang.

12 Agustus

Inggris menyatakan perang terhadap Austria-H ungaria

14 Agustus

Tentara Austria dan Serbia bertemu di Cer

19 Agustus

Tentara Austria dikalahkan Serbia di Cer

20 Agustus

Tentara Jerman menduduki Brussel, Belgia,dahulu disebut dengan Flanders

23 Agustus

Jepang menyatakan perang terhadap Jerman.

September

Pakta kesatuan disepakati antara Perancis, Inggris dan Rusia.

9 Oktober

Pengepungan Antwerp – Antwerp, Belgia jatuh ke tangan Jerman.

1-5 November

Kekaisaran Ottoman memasuki perang dengan mendukung koalisi Jerman.

1915

15 Januari

Gas beracun digunakan pertama kali oleh Jerman terhadap Rusia di pertempuran Bolimow

24 April

Pembantaian Armenia mulai di kekaisaran Ottoman.

25 April Penyerangan Gallipoli

23 Mei

Italia menyatakan perang terhadap Austria-Hungaria

Oktober

Bulgaria bergabung dengan Jerman dan Austria-Hungaria.

1916

27 Agustus

Romania menyatakan perang terhadap Austria-H ungaria;

28 Agustus

Italia mendeklarasikan perang terhadap Jerman.

15 September

Pertempuran Somme, 2 tentara mati untuk setiap cm nya.

1917

24 Februari

Dubes Amerika Serikat untuk Inggris Walter H. Page mendapat telegram Zimmermann dimana Jerman menawarkan Meksiko untuk menyerang AS dan akan memberikan AS bagian selatan kepada Meksiko jika Meksiko menyatakan perang terhadap AS.

6 April

Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Jerman;

14 Agustus

Republik Cina menyatakan perang terhadap Jerman

26 Oktober

Brazil menyatakan peran terhadap Jerman.

1918

21 Maret

Jerman menyerang dengan “Operation Michael”, dengan taktik baru disebut taktik Hutier (dari Oskar von Hutier) untuk menyusup dan menggali parit. Serangan Jerman memajukan daerah Jerman 60 km, namun karena masalah logistik Jerman didorong kembali oleh Sekutu.

April

Amerika Serikat di bawah Jendral John Pershing memasuki perang.

18 Juli

Pada pertempuran Chateau-Thierry, prajurit Amerika Serikat dan Perancis menyerbu dengan banyak tank dan mengejutkan Jerman. Saint-Mihiel salient yang diduduki Jerman semenjak 1914 direbut kembali.

26 September

Amerika Serikat mulai melaksanakan serangan di Meuse-Argonne,Perancis.

27 September

Bukit 305 milik Jerman di Montfaucon d’Argonne direbut.

29 September

Bulgaria menandatangani gencatan senjata

3 Oktober

Jerman meminta gencatan senjata

24 Oktober

Tentara Italia menyerbu dan menghancurkan Angkatan Bersenjata Austria-Hungaria

30 Oktober

Kekaisaran Ottoman menyerah

3 November

Austria dan Hungaria lalu menandatangani gencatan senjata dan monarki Habsburg pun tumbang.

4 November

Empat puluh ribu pelaut mengambil alih dermaga memprotes perjanjian antara Angkatan Laut Inggris dengan Komando Angkatan Laut Jerman walau sudah jelas bahwa perang telah kalah.

9 November

Revolusi Jerman pecah, Kaisar Wilhelm II tumbang.

11 November

Jerman menandatangani gencatan senjata dengan sekutu di jalan kereta api Compiègne. Perang secara resmi usai.

Keterangan :

Pasukan sekutu tewas: 5,497,600

(Belgia, Persemakmuran, Australia, Kanada, India, Selandia Baru,AfrikaSelatan,Inggris,

Perancis ,Koloni Perancis ,Yunani ,Italia ,Jepang ,Montenegro ,Rumania ,Rusia Serbia, Amerika Serikat)

Pasukan poros tengah (Entente) tewas 3,382,500

(Austria-H ungaria,Bulgaria, Jerman, Kekaisaran Ottoman)

1919

18Juni

Perjanjian Versailles yang mengakhiri Perang Dunia I ditandatangani. Isinya menimpakan segala tanggung jawab dan ganti rugi perang pada pihak Jerman. Upacaranya diadakan di istana Versailles di tempat yang sama dimana Kekaisaran Jerman tahun 1871 diproklamasikan. Perjanjian ini memunculkan Liga bangsa-bangsa. Daerah-daerah Jerman yang hilang adalah:

  • Elsass-Lothringen (Dulunya milik Perancis sampai tahun 1871) menjadi milik Perancis kembali.
  • Schleswig Utara di Schleswig-Holstein jatuh ke Denmark (3,228 km2)
  • Sebagian besar Polandia (Provinz Posen) dan Ost-Pommern (Pomerania Timur) menjadi milik Polandia.
  • Area Hulczyn di Ober Schlesien menjadi milik Cekoslowakia.
  • Bagian timur Ober Schlesien menjadi milik Polandia.
  • Kota Jerman Eupen dan Malmedy menjadi milik Belgia.
  • Daerah Soldau di Prussia Timur menjadi milik Polandia.
  • Bagian utara Prussia Timur yang disebut Memelland berada dalam kendali Perancis, kemudian diberikan kepada Lithuania.
  • Saarland berada di bawah kendali Liga Bangsa-Bangsa selama 15 tahun.
  • Kota Danzig (sekarang Gdańsk, Polandia) dengan delta sungai Vistula menjadi Freie Stadt

Danzig (Kota merdeka Danzig) di bawah Liga Bangsa-Bangsa dan kewenangan Polandia. Perjanjian Versailles dipengaruhi dendam Perancis yang kehilangan Elsass-Lothringen tahun 1871 ketika berperang dengan Prussia belum lagi kerusakan perang sebagian besar diderita Perancis, maka Perancis yang ketakutan dengan bangkitnya kembali Jerman menyerbu Rheinland tahun 1923. Tentara Jerman dibatasi hanya 100.000 prajurit, tak boleh memiliki tank dan staf jendral. Angkatan Laut Jerman hanya dibolehkan memiliki 15.000 prajurit dan tak boleh memiliki kapal selam dan hanya enam kapal perang. Kekuatan Udara tak diizinkan sama sekali. Semua ini dilakukan karena ketakutan akan agresi Jerman kembali.

Biaya perang yang harus di bayar Jerman pada tahun 1921 mencapai 296 Trilyun mark emas dan dikurangi menjadi 132 trilyun mark emas. Kejatuhan Jerman ini meruntuhkan kekaisaran dan Jerman menjadi Republik Weimar. Hasil perjanjian Versailles yang merugikan Jerman ini dijadikan Hitler untuk membakar semangat rakyat agar melanggar perjanjian ini yang dia buktikan ketika berkuasa.

Konsekwensi Geopolitis dan Ekonomi dari Perang Dunia I:

Jerman

Kekalahan Jerman mengarah kepada perubahan dasar negara sehingga Jerman menjadi demokrasi parlementer tanggal 28 Oktober 1928 . Kerusuhan sipil merebak dan usaha revolusi dari Partai Sosial Demokratik dan Komunis muncul. Bulan November Kaisar Wilhelm II dibuang dan tanggal 11 Agustus 1919 Jerman menjadi Republik Weimar dengan Presiden sebagai kepala negara. Republik baru harus menghadapi kenyataan bahwa 15 persen wilayah Jerman dikauasai Sekutu. Daerah terrbesar yang hilang menjadi milik Polandia yang dahulunya sejak 1871 menjadi wilayah Jerman. Wilayah yang menjadi Polandia itu disebut ‘Koridor Polandia’ karena posisinya antara Prussia timur dan sisa Jerman. Ingris dan Perancis kemudian menguasai koloni Jerman. Sekutu mengangap hasil perjanjian Versailles adil namun tidak bagi rakyat Jerman. Banyak orang Jerman percaya bahwa mereka bisa menang perang namun kalah karena ada pengkhianat di

tanah air yang melakukan revolusi. Krisis ekonomi yang parah di Jerman menjadi katalis bagi Nazi yang akan memulai Perang Dunia ke II.

Rusia (Soviet)

Finlandia, Lithuania, Latvia, dan Estonia merdeka. Kerajaan Polandia digantikan oleh Republik Polandia Selatan tahun 1918 menyatukan provinsi Polandia di Austria dan Prussia. Armenia, Georgia dan Azerbeijan merdeka dan pada tahun 1922 diserbu Soviet.

Kekaisaran Austria-Hungaria

Austria dan Hungaria pecah lalu membuang dinasti Habsburg. Bohemia, Moravia, Czech Silesia, Slovakia dan Carpathian Ruthenia menjadi Cekoslowakia. Galicia bergabung dengan Polandia kemudian Tirol Selatan dan Trieste jatuh ke tangan Italia. Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Slovenia, dan Vojvodina bergabung dengan Serbia dan Montenegro membentuk kerajaan Serbia, Kroasia dan Slovenia, kemudian menjadi Yugoslavia. Transylvania menjadi bagian Rumania.

Pembagian negara ini tak berdasarkan etnik, sehingga menjadi bom waktu di kemudian hari di Yugoslavia ketika pada dekade 90-an pecah perang etnis di Yugoslavia.

Kekaisaran Ottoman

Kekaisaran Ottoman di Turki berakhir, Perancis dan Inggris mendapat sebagian besar timur tengah dan Inggris mendapatkan Palestina dengan mandat Liga Bangsa-Bangsa, suatu mandat yang menyebabkan masalah Palestina Israel sampai saat ini. Turki menjadi negara baru sekuler dengan Kemal Ataturk sebagai pemimpinnya.

Persemakmuran

Di Inggris pemerintah morat-marit karena utang dan biaya pemeliharaan persemakmuran. Negara-negara persemakmuran yang terlibat perang seperti Australia dan Kanada bangkit nasionalismenya dan merasa tak perlu lagi berada di bawah kekuasaan Inggris.

Perancis

Bagi Perancis akhir perang merupakan babak baru, daerah Rhein dipaksakan menjadi wilayah Perancis. Perancis masih takut akan Jerman yang tetap bertahan sesudah perang. Hal lainnya adalah bantuan prajurit dari jajahan Perancis dari Indochina, Afrika, dan Madagascar yang benar-benar membantu bertahannya Perancis, ketika prajurit bantuan itu pulang dan diperlakukan sebagai warga negara kelas dua, mereka menjadi embrio pergerakan kemerdekaan di jajahan Perancis. Duka benar-benar menyelimuti Perancis karena ribuan monumen didirikan untuk menghormati prajurit mereka yang tewas.

1920

Di Jerman terjadi dua pemberontakan, Kapp Putsch dan kaum komunis yang menduduki daerah Ruhr, kedua pemberontakan itu dapat dipadamkan

1921

Di Sachsen dan Hamburg Komunis kembali memberontak dan dapat dimatikan

1923

Daerah Ruhr diduduki Perancis karena Jerman tak mampu membayar hutang perang. Keadaan ekonomi di Jerman semakin morat marit. Beer Hall Putsch di München yang gagal terjadi. Hitler dipenjara di Landsberg am Lech sampai tahun 1924.

14 September 1930

Partai Nazi mendapat 18.3% suara

31 Juli 1932

Nazi mendapat suara sebanyak 37.2% sehingga menjadi partai paling besar di Reichstag.

30 Januari 1933

Hitler menjadi Kanselir Jerman sekaligus Presiden setelah Paul von Hindenburg meninggal. Republik Weimar berakhir. Dimulainya periode Nazi.

Leave a comment